0
--- INSPIRASI SETIAP IMAJINASI ---

Tagline atau slogan merupakan frase, kumpulan kata-kata atau kalimat pendek sebagai tipe keterangan padat dari merk dagang maupun produk/ jasa. Bisa disebut sebagai permaisurinya merk dagang/ produk/ jasa dalam marketing.

Suatu kalimat bisa digunakan sebagai tagline dan bisa pula sebagai slogan, bahkan keduanya bisa saling bertukar, namun kalau sudah melekat dan dikenal tentu sayang untuk dirubah. 
cara membuat slogan
slogan dan tagline


Contoh : TAK LELAH MENGOLAH, TAK HENTI MEMBERI
( ini contoh slogan yang terdengar berirama bagus, sayangnya terkesan mengeluh)

Ada yang berpendapat tagline dan slogan berbeda, adapula yang berpendapat keduanya sama, tagline sendiri diadopsi dari bahasa Inggris yang belum dimuat di KBBI sedangkan slogan sudah memiliki artinya sendiri, dapat dilihat di wikipedia untuk hal ini.

Terlepas dari pendapat di atas, keduanya memiliki fungsi penting dalam meningkatkan pamor produk..

Banyak sekali produk yang muncul terkadang dengan menggunakan nama yang sedikit asing ditelinga Negara/ daerah tertentu, untuk itulah slogan sangat membantu, tidak hanya itu merk dagang yang sudah dikenal luas pun ikut bersaing dalam menentukan jargon guna meningkatkan popularitas merk dan sekaligus menjaring calon pelanggan baru serta mematangkan pelanggan lama, tidak jarang segmentasi pasar bisa berubah drastis karenanya. Dengan pemilihan kalimat yang tepat menjadi tambahan daya tarik tersendiri, sebaliknya Salah memilih kata bisa berakibat buruk pada image dan melencengnya target pasar.


Menjadi suatu daya pikat tersendiri dalam meramu suatu frase atau kumpulan kata yang baik dalam menentukan tagline dan slogan yang menarik dan unik yang pastinya harus sesuai dengan jenis merk dagang/ produk/ jasa yang dimiliki. Tak jarang bahkan perusahaan ternama mengadakan sayembara dengan hadiah yang besar-besaran untuk hal ini.

“Kualitas produk/ layanan jasa ialah yang terpenting dalam marketing, tapi memberitahukan kualitas juga dibutuhkan sehingga, salah satu cara penyampaian informasi tersebut bisa dilakukan dengan memilih Tagline/ Slogan Informatif, padat, enak didengar dan enak dilihat serta menjadi khas.
Di Indonesia sendiri ada beberapa tagline unik dan menarik yang dibuat dengan ide kreatif dan Brilliant. Berikut beberapa contoh tagline atau slogan/ jargon yang menarik: 

1. Pegadaian
Mengatasi Masalah Tanpa Masalah

2. Semen Gresik
Tiada Henti Membangun Negeri

3. Lampu Philips
Terus Terang Philip Terang Terus

4. Yellowpages
Cari Tahu Dengan Jarimu

5. OLX
Cara Tepat Jual Cepat


6. Kit-Kat
Ada Break, Ada Kitkat

7. Chitato
Life is Never Flat

8. Energen
Minum Makanan Bergizi

9. Dancow
Aku Dan Kau Suka Dancow

10. Kopiko
Kopiko Gantinya Ngopi

11. Sosro
Apapun Makanannya, Minumnya Teh Botol Sosro

12. Frisian Flag
Susu Saya Susu Bendera

11. Silverqueen
Santai Belum Lengkap Tanpa Silverqueen

12. Yakult
Saya Minum Dua Setiap Hari

13. Aqua
Untuk Kebaikan Hidup

Beberapa contoh di atas tentu tidak asing ditelinga, diramu dengan kata-kata yang cantik sehingga terdengar memikat dan tetap sesuai tema.
tagline vs slogan
pentingnya tagline

Slogan juga bisa dibuat dengan kata-kata biasa namun menggunakan intonasi istimewa, untuk jenis kreasi ini harus benar-benar bisa dipahami, tapi tidak jarang jenis ini bisa menjadi trend tersendiri. 

Misalkan pada merk dagang tokopedia, “ Sudah ke Tokopedia Belum? “ atau pada iklan Kampus Bsi yakni “Kuliah ? BSI Aja !”. Atau yang satu ini, Hit “Yang Lebih Mahal Banyak

Ketiga contoh tersebut pasti tidak asing ditelinga, enak didengar dan memikat, tentu kuncinya ada pada intonasi dan cara penyampaian.

“Sangat berdampak tentunya pada sebuah brand apabila kalimat yang dipilih tepat mengenai sasaran dan menggunakan kata-kata indah ditambah intonasi yang pas serta memadukan musik khas juga bentuk huruf/ font yang juga khas menjadi paket slogan/ tagline yang jitu dan mumpuni. Nilai plus lain jika semua itu dikemas dalam sebuah paket visualisasi media periklanan.”

Masih banyak kalimat ampuh yang bisa kita gunakan dalam menentukan jargon terbaik, membius atau menghipnotis pangsa pasar. sekali lagi perlu diingat bahwa tagline memiliki peranan pentingnya sendiri, sebagai perekat atau sebagai pemindah segmentasi pasar dan membangun jaringan pemasaran yang mumpuni.

Semoga tulisan ini dapat menginspirasi dan merangsang ide kreatif untuk menentukan Tagline/ Slogan menarik, unik dan terbaik.
Semoga Bermanfaat .... 



LINTAS IMAJINASI, INSPIRASI BAGI KREASI
Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

Post a Comment

 
Top